Jaman sekarang nama itu rata2 mencerminkan harapan atau punya arti khusus buat sang anak. Ga kaya jaman dulu gw, asal comot aja nama Indonesia, secara belon umum dan belon pada ngerti. Jadilah gw cuman punya satu nama y-e-n-I doang :p Makanya anak gw ga tanggung2 langsung dikasih 3 nama :p Untuk mengingat arti nama, makanya gw bikin tulisan ini, biar kalo ntar 20 atau 30 tahun lagi ada yang nanya masih inget :p

Graciela Natasha Sugandha

Graciela , ini nama Jerman dari Grace yang artinya God’s favor, anugrah Tuhan.

Natasha, artinya Natal

Sugandha, ini mah nama opanya, jadi kaya semacam marga lah, soalnya pengalaman kita tinggal di Jerman, kalo ga ada nama belakang tuh susah banget mau ngurus ID segala macem. Karena kita berdua ga ada nama belakang alias namanya cuman satu kata doang, di sana kita jadi Herr und Frau Ohne vorname (artinya, Tuan dan nyonya ga ada nama belakang hehehe). Sebenernya Vorname artinya nama depan (thanks to Joan to remind me this), jadi karena kita cm satu nama, jadinya otomatis nama kita dijadiin nama belakang, dan kita dipanggil Herr und Frau Onhe Vorname dah … :p Eh, kok aneh ya .. ga tau dink lupa ah … tapi yang pasti keluarnya begitu aklo ke tempat2 yang kudu ngisi form …  Kan kalo di sama mah ngisi data2 tuh selalu harus ada nama keluarga, kalo ga ga bisa di-entry :p Jadi kita berdua bertekad anak kita mesti punya nama keluarga/belakang. Biar tau adik kakak ya sudah pake nama opanya aja :p

Jadi artinya anugrah yang terindah di waktu Natal. Grace lahirnya bulan September, bukan December loh jadi cerita di balik nama ini gini loh : waktu itu kita dah ampir 3 tahun menikah dan belum punya anak, dan kita sudah periksa ke dokter, hasilnya dua2nya ok. Memang belum dikasih aja sama Tuhan. Waktu itu ada KKR Natal Pa Niko di Batam yang untuk pertama kalinya bertemakan mukjizat kesembuhan. Kita sebagai pelayan diberi beban untuk mendoakan orang sakit secara berkelompok. Jadi dah ditentuin kelompok yang mendoakan orang buta, bisu, lumpuh, dll. Waktu itu kita terbeban untuk mendoakan orang yang mandul, walau kita sendiri belon punya anak tp kita pengen mendoakan orang lain supaya punya anak. Kita doa sambil puasa sebulan lamanya. KKR diadakan tanggal 9 Dec 2005 kalo ga salah. Dan puji Tuhan, waktu Jan 2006 gw dah telat dan positif hamil. Kita senang banget waktu itu … dan kalo diitung2 waktu bikinnya itu ya pas tanggal KKR itu, jadinya Grace merupakan anugrah Natal yang paling indah dari Tuhan.

Nama Chinese :

Yang      marga

Xing       dari kata xing yuen, xing fu (beruntung, bahagia)

Hui         dari kata en hui (God’s favor)

Joyriel Hansel Sugandha

Joyriel , dari kata Joy dan Poriel. Joy artinya suka cita , Poriel artinya tahun di mana Tuhan meberikan hasil yang berbuah2 …

Hansel, ini sama seperti Grace, God’s favor tapi versi co dan juga bahasa Jerman. Kita seneng pake nama Jerman karena kita pernah tinggal di Jerman dan seneng banget di sana. Dan juga tempat di mana kerohanian kita mulai bertumbuh.

Sugandha, dengan alasan yang sama seperti Grace dan supaya orang tahu ini satu keluarga.

Cerita di balik nama ini : waktu Grace dah umur setaunan, kita dah pengen ngasih dd ke Grace biar bedanya ga jauh2 amat, mengingat usia yang sudah tidak muda lagi. Tadinya kita kan rencananya pengen punya 3 anak, dan kalo bisa sebelon gw umur 35 dah beres (tapi sekarang sih cukup 2 saja :p) Trus juga pengen lahirnya jangan bulan2 yang ada ber nya, susah kalo mau sekolah, umur nanggung. Karena dah punya anak ce otomatis yang kedua pengen anak co donk. Kita sempet program konsultasi ke dokter loh. Dikasih taunya kalo mau punya anak co harus berhubungan di waktu masa subur dan waktu berhubungan dikasih baking soda di daerah kewanitaan biar bersifat basa rahimnya yang merupakan lingkungan yang mendukung untuk sperma Y. Nah tiba2 waktu kita mau berusaha, haid ge yang biasanya teratur, mendadak jadi ga teratur sama sekali. Dan malah sempet 2 bulan ga haid, sempet gr juga waktu itu hamil, nah mau gimana tau masa suburnya coba? Trus setelah beberapa bulan gagal, akhirnya kita putuskan pasrah aja deh, lagian waktu itu memang lagi ada masalah pembantu ga balik lagi, gw resign, sibuk pameran dll. Jadi di waktu bulan Apr gw telat lagi, dah ga harap2 cemas hamil lagi, cuman perasaan aja badan ga enak banget. Trus masih keluar haid. Jadi waktu iseng2 test pake test pack dan positif kaget juga, kapan bikinnya neh :p Dan lebih dahsyat lagi, ternyata anak co ! seperi yang kita inginkan, betapa Tuhan itu baik. Dan juga di tahun 2009 ini Tuhan berjanji ini merupakan tahun berbuah2 dan tahun dari apa yang tumbuh sendiri. Jadi nama Joyriel Hansel adalah sukacita di tahun yang berbuah2 karena anugrah/kasih karunia Tuhan. Melalui Joy, kita diingatkan kalo usaha manusia itu sia2 saja, semuanya itu merupakan pemberian dari kemurahan hati Tuhan.

Btw, sampe sekarang kita masih bingung mau panggil Joy atau Hansel ya? Joy, karena Joy dan Grace itu biasanya sama2 , tapi kok terlalu universal antara co dan ce. Banyak yang bilang, kaya nama ce padahal anaknya sendiri ganteng hehehe.Hansel lebih macho dan keren gitu, tapi dah ada sepupunya yang namanya Hans. Jadi masih bingung neh.

Nama Chinese :

Yang      marga

Neng     dari kata neng gou (be able to)

Fu           rich, success

Semoga nama2 yang diberikan pada Grace dan Joy dapat membuat mereka jadi orang yang dipakai Tuhan secara luar biasa dan kasih karunia Tuhan menyertai sepanjang hidup mereka. Amin.